Rabu, 06 Desember 2017

Gambar Jaringan Listrik PLN



Jaringan listrik PLN adalah tentang distribusi tegangan listrik dari pembangkit listrik sampai listrik tersebut dapat digunakan di rumah anda. Namun sebenarnya jaringan listrik membahas penggunaan sirkuit listrik dalam skop yang lebih luas seperti dalam jaringan distribusi pembangkit listrik dari generator pembangkit sampai pada pelanggan listrik di masing-masing rumah. Sebetulnya kedua macam rangkaian ini menggunakan prinsip dasar yang sama, hanya dalam jaringan listrik dibahas mengenai jalur transmisi yaitu mengenai sifat kabel pada frekuensi tinggi. Sirkuit listrik ini sering dibahas dan dianalisis dalam tiga macam respons (tanggap waktu): respons-nya terhadap arus atau tegangan DC (Direct Current, atau arus baterai misalnya), respons-nya terhadap arus atau tegangan AC (Alternating Current, seperti arus PLN misalnya), dan respons-nya terhadap waktu transien. Listrik arus DC sering dikenal juga sebagai listrik arus searah, dan listrik arus AC diartikan juga sebagai listrik arus bolak-balik. Coba anda perhatikan gambar jaringan listrik PLN dibawah ini sehingga semakin jelas bagaimana jaringan listrik PLN sampai ke rumah anda:




              Berdasarkan gambar jaringan listrik PLN di atas itulah gambaran bagaimana jaringan listrik PLN mengalirkan arus listrik hingga ke rumah anda, gambar diatas menunjukan bahwa listrik yang dialirkan harus melalui beberapa perangkat listrik hingga sampai ke pelanggan, yaitu anda. Listrik tentu saja penting bagi kehidupan kita semua, listrik telah menunjang kegiatan dan aktifitas kita sehari – hari. Namun apakah anda tau bahwa sebagian wilayah di Indonesia masih ada yang tidak dapat terjangkau oleh PLN. Cakupan listrik PT PLN (Persero) hingga hingga tahun 2011 baru menjangkau 72% wilayah Indonesia. Berarti masih ada 28% wilayah Indonesia yang belum teraliri listrik. Akhir tahun 2011 terdapat 72% secara nasional sudah memperoleh akses kepada pengunaan listrik, tahun 2012 targetnya 75% serta tahun 2020 mencapai 90%-an. PLN selama ini memiliki keterbatasan pembiayaan untuk mengaliri listrik ke seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, PLN mengajak semua stakholder, seperti: pemda, swasta, koperasi dan masyarakat untuk terlibat dalam upaya percepatan pengaliran listrik. Melalui program listrik desa, program perluasan jaringan, listrik mandiri. Semua pihak telah di libatkan karena PLN tidak mampu terlibat sendiri karena keterbatasan anggaran. PLN sendiri memliki program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk mengaliri listrik hingga pelosok desa yang jauh dari jaringan listrik PLN, berupa program mandiri energi. Programnya sendiri berupa memanfaatkan kotoran hewan untuk biogas dan air terjun atau sungai untuk tenaga listrik mikro hidro di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai contoh bahwa masih ada desa yang masih belum teraliri listrik, bisa dilihat ada sebanyak 12 pedukuhan terpencil di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, hingga saat ini belum tersentuh jaringan listrik dari PLN, sehingga kondisi masyarakat sangat memprihatinkan. Rata-rata masyarakat di daerah yang belum tersentuh listrik, kehidupan perekonomian dan tingkat pendidikannya jauh tertinggal dengan desa-desa lainnya. Padahal sebelum tahun 2016, usulan pembangunan jaringan listrik PLN untuk Kabupaten Pekalongan dilakukan oleh masyarakat ke pemda. Namun, saat ini PLN sudah mendapatkan tugas untuk membangun jaringan listrik di wilayah-wilayah yang belum tersentuk listrik. Di Kabupaten Pekalongan sendiri ada 12 pedukuhan yang belum dialiri listrik dari PLN, karena dulu pemasangan jaringan listrik diwilayah tersebut terkendala izin lahan dari pihak perum perhutani. Rencananya baru di tahun 2017 seluruh dusun terpencil di Kabupaten Pekalongan akan teraliri listik PLN. Sementara itu, di Kabupaten Pekalongan ada sekitar 4.000 rumah yang belum teraliri listrik PLN.  Rumah-rumah yang belum teraliri listrik PLN ini kebanyakan berada di wilayah perbukitan dan berada di wilayah Pekalongan bagian selatan. Di Kabupaten Pekalongan sendiri ada 17 pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), namun kenyataannya masih banyak rumah warga terutama yang berada di wilayah terpencil belum teraliri listrik. Ini menunjukkan bahwa jaringan listrik PLN sangat penting dan harus terus ditingkatkan. Sampai disini artikel yang berjudul gambar jaringan listrik PLN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngerinya Kursi Listrik

Hukuman mati adalah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan atau tanpa pengadilan sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuh...