Minggu, 03 Desember 2017

Jaringan Listrik Arus Kuat



Kita semua sudah mengetahui bahwa listrik ialah bahan bakar yang sempurna. Disebut demikian karena listrik dapat dengan mudah diubah kedalam bentuk energi yang lain. Listrik ialah salah satu bentuk energi yang mudah dan luas penggunaannya, misalnya untuk menghasilkan tenaga panas, tenaga mekanik, cahaya / penerangan, pendinginan dan lain-lain.
Untuk membangkitkan, penyaluran dan pemakaian tenaga listrik, diperlukan adanya jaringan instalasi listrik. Instalasi berasal dari kata “installation” yang berarti memasang. Dalam buku Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) disebutkan : “ Instalasi listrik ialah jaringan perlengkapan yang membangkitkan, memakai, mengubah, mengatur, mengalihkan, mengumpulkan atau membagikan tenaga listrik “. Sebelum masuk kedalam pembahasan jaringan listrik arus kuat, mungkin sebaiknya mari kita bagi beberapa istilah yang kredibel dalam duni kelistrikan. Listrik berdasarkan penggunaan, dan instalasinya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk seperti:


  •          Instalasi listrik penerangan / cahaya. Instalasi ini diperlukan untuk menghasilkan cahaya atau penerangan untuk keperluan rumah tangga.



  •          Instalasi listrik tenaga. Biasanya digunakan untuk memutar kipas angin, pompa air, mixer, blender dan motor-motor listrik yang lain.



  •          Instalasi listrik khusus, yaitu instalasi listrik yang terdapat pada kapal laut, pesawat udara, mobil dan sebagainya.



  •          Instalasi listrik untuk telekomunikasi, yaitu instalasi untuk jaringan telepon, telegraf dan sebagainya


Sedangkan listrik berdasarkan besar tegangannya dapat dibagi menjadi seperti berikut:


  •          Instalasi Tegangan Tinggi


Tegangannya antara 70.000 Volt (70 KV) sampai 150.000 Volt (150 KV). tegangan ini diperlukan pada jaringan transmisi jarak jauh. Tegangan tinggi diperlukan karena dengan jarak yang jauh, tentu sebagian tegangan akan hilang (losses) dan berubah menjadi panas, maka tegangannya perlu dinaikkan dulu baru dikirimkan ke beban.


  •       Instalasi Tegangan Menengah


Tegangannya antara 6.000 Volt (6 KV), 12.000 Volt (12 KV) dan 20.000 Volt (20 KV). Contohnya pada jaringan distribusi primer yaitu antara gardu hubung ke gardu distribusi.


  •        Instalasi tegangan Rendah


Tegangannya antara 220 Volt, 380 Volt dan 600 Volt. Contohnya ialah instalasi listrik penerangan dan tenaga pada rumah tinggal, pabrik-pabrik atau pada jaringan distribusi.

Setelah memahami pemisahan istilah tersebut maka barulah kita bergerak pada pembahasan utama dalam artikel ini yaitu jaringan listrik arus kuat. Jaringan listrik arus kuat dapat dipisahkan berdasarkan kuat arus atau besar daya listrik. Jaringan listrik Arus Kuat masuk dalam Kategori ilmu instalasi listrik yang berhubungan dengan arus arus yang cukup besar /tinggi,biasanya banyak teknisi Arus Kuat yang Fokus menggeluti dunia Electrical machine atau dunia proyek Gedung beserta instalasi penunjangnya.Seperti instalasi penerangannya atau instalasi tenaga. Jadi,dapat disimpulkan bahwa pembahasan dalam bidang listrik Arus Kuat lebih menpelajari dan mengurus dunia industri seperti jaringan listriknya,generator,AC,dan mesin mesin listrik serta instalasi penunjangnya. Instalasi listrik arus kuat, contohnya jaringan instalasi listrik penerangan dan tenaga. Selain jaringan listrik arus kuat.

Ada juga listrik arus lemah, yaitu kategori ilmu instalasi listrik yang berhubungan dengan dunia programming atau Elektronik Seperti : Robotic/mekatronika,Instrumen,Plc dan Smart Relay, dan program" lainnya.Yang jelas membutuhkan banyak logika yang tinggi. Instalasi listrik arus lemah, Contohnya jaringan instalasi listrik komunikasi. Sekedar tambahan bagi anda yang berminat pada dunia kelistrikan. Anda harus memahami Simbol-Simbol Instalasi Listrik ketika akan menginstal listrik.  Hal itu dikarenakan simbol listrik tersebut akan membantu Anda dalam melakukan instalasi listrik agar tidak mengalami kesalahan. Simbol instalasi ini akan melekat pada gambar instalasi. Orang yang berkutat dalam dunia kelistrikan, sebaiknya tidak hanya memahami tentang peralatan instalasi saja namun juga harus memahami gambar instalasi. Agar mahir membaca dan mengerti gambar instalasi tentunya harus paham akan simbol-simbol yang ada di dalam gambar instalasi tersebut. Termasuk juga jaringan listrik aliran atas yang mempunyai simbol simbol tersendiri pada komponennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngerinya Kursi Listrik

Hukuman mati adalah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan atau tanpa pengadilan sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuh...