Selasa, 26 September 2017

Kawat Besi



Kawat adalah benda yang terbuat dari logam besi yang panjang dan lentur. Kawat merupakan benda penghantar listrik yang baik. Kawat mempunyai banyak bentuk dan ukuran. Sedangkan Besi adalah logam transisi yang paling banyak dipakai karena relatif melimpah di alam dan mudah diolah. Besi murni tidak begitu kuat, tetapi bila dicampur dengan logam lain dan karbon didapat baja yang sangat keras, pencampuran besi dengan logam lain sering digunakan pada pembuatan kawat. Ketika dipahami di atas bahwa kawat terbuat dari besi, maka secara logis banyak jenis besi yang digunakan untuk membuat kawat besi.  Memang besi merupakan salah satu unsur paling biasa di Bumi, jumlah besi di alam semesta ini lumayan banyak, faktanya besi membentuk 5% daripada kerak Bumi. Kebanyakan material besi ini hadir dalam berbagai jenis oksida besi, seperti bahan galian hematit, magnetit, dan takonit. Sebagian besar kerak bumi dipercayai mengandungi aloi logam besi-nikel. Sekitar 5% dari pada meteorit turut mengandung aloi besi-nikel. Walaupun jarang, ini merupakan bentuk utama logam besi, yang pertama kali terbentuk dipermukaan bumi.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, karena logam besi adalah material yang dapat di gabungkan dengan logam, atau zat yang lain, maka kawat besi yang terbuat dari logam besi pun memiliki bermacam- macam jenis, yang dibuat untuk hal tertentu, seperti kawat ortodontis yang sebagian materialnya terdapat kandungan stainless steel, kawat ini digunakan untuk kawat gigi, lalu ada kawat kasa untuk ditempatkan pada lubang angin atau ventilasi, yang berguna untuk mencegah nyamuk masuk ke rumah, dan ada juga kawat galvanis yaitu kawat yang sudah mendapatkan proses pelapisan logam anti karat atau non corrosive metal pada besi. Kawat Galvanis dapat juga dikenali dari warnanya yang silver atau bronze namun tidak mengkilat atau istilahnya doff. Warna itu juga sering disebut dull silver. Masih banyak lagi jenis kawat besi karena memang kebutuhan orang – orang yang berbeda dan memerlukan spesifikasi yang khusus. Contohnya kawat bendhrat, dan kawat email, kawat bendhrat adalah kawat tipis yang banyak digunakan pada rangkaian struktur tulangan balok, kolom, sloof, kolom praktis, dan rangkaian tulangan lainnya yang berguna untuk membentuk struktur yang kuat dan kokoh. Bila anda ingin melihat bentuk kawat bendhrat, anda bisa melihatnya pada ban truk.
Umumnya kawat banyak digunakan pada konstruksi, properti atau keperluan rumah tangga, seperti kawat Harmonika, Kawat harmonika adalah anyaman kawat yang berbentuk kotak pipih, biasa digunakan untuk pemagaran suatu area, misalnya area perumahan, dan lapangan olahraga, Kawat Loket juga banyak digunakan pada bidang konstruksi Kawat loket adalah kawat stainless steel bermutu tinggi yang memiliki daya tahan karat yang jauh lebih baik dari kawat biasa. Kawat dibuat dari kawat besi berkualitas dengan proses dan teknik pengelasan khusus, sehingga kawat ini memiliki struktur dan tampilan yang bersih, mengkilap dan juga kuat pada setiap sambungan lasnya, lalu jika anda melihat disekitar dinding pembatas rumah anda, atau pagar rumah biasanya dipasangi kawat berduri atau Kawat duri, kawat berduri adalah salah satu tipe konstruksi pagar yang terbuat dari pelintiran 2 atau lebih kawat panjang yang dalam jarak tertentu diselingi puntiran potongan kawat yang ujungnya diarahkan tegak lurus kawat utama. Pada umumnya kawat duri difungsikan sebagai pagar pengaman bangunan atau perbatasan negara. Ia juga sangat berperan dalam pertahanan perang parit. Manusia atau hewan yang mencoba melewati di sela – sela atau di atas kawat berduri ini akan mengalami kesusahan dan dapat mengalami luka. Yang terakhir adalah Kawat Silet / Razor Wire, Kawat silet adalah alat pengaman yang sangat baik dan benar – benar efektif utuk sebuah bangunan, baik untuk di tembok ataupun pagar. Kawat silet biasa diaplikasikan pada rumah, perkantoran, pabrik, peternakan, perkebunan, lembaga permasyarakatan, kedutaan, dan bangunan lainnya yang berhubungan dengan keamanan. Kawat silet terbuat dari kawat dan plat galvanis yang memiliki tingkat korosi atau daya anti karat yang sangat baik. Mata silet yang tajam dan desain yang sangar sangat cocok di pakai untuk mode pengamanan. Selain itu kawat silet juga sering dipakai jika terjadi huru – hara yang digunakan untuk pembatas jalan. Selain itu ada Wire Rope yaitu kawat baja yang berguna untuk mengangkat dan menarik beban berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngerinya Kursi Listrik

Hukuman mati adalah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan atau tanpa pengadilan sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuh...