Jumat, 22 September 2017

Sambungan Kabel



            Pada zaman sekarang, kebutuhan akan energi listrik menjadi sangat penting. Dikarenakan energi listrik adalah energi yang penting untuk kehidupan kita sehari-hari. energi listrik dapat menjadi energi panas, cahaya, dan gerak. Dan faktanya energi listrik tidak bisa digantikan oleh energi lain, atau dalam hal ini belum bisa digantikan saat ini. Oleh karena listrik sangat penting pada jaman sekarang ini, maka sangat penting juga untuk membahas tentang Instalasi atau rangkaian jaringan listrik pada bangunan. Mengingat pentingnya hal itu, perlu kita ketahui bahwa salah satu ilmu dasar tentang instalasi adalah tentang mengenal dan mengetahui sambungan kabel.



            Dengan mempelajari jenis sambungan kabel dan cara menyambungkannya, kita akan mengetahui bagaimana Instalasi Pemasangan sambungan kabel, sampai dengan tutup kabel yang sesuai, dan bagaimana caranya menghindari sambungan yang salah dan meyebabkan percikan Api. Memang Sebaiknya, untuk melakukan Instalasi sambungan kabel biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Karena dapat mempercepat pekerjaan, lebih aman, lebih baik dan lebih efisien. Tetapi bukan suatu hal yang mustahil, jika anda yang bukan seseorang yang ahli dalam instalasi listrik dan ingin belajar instalasi sambungan kabel. Bisa juga Sebagai pengetahuan kita tentang dasar ilmu kelistrikan.



Sebelum mengenal jenis - jenis sambungan kabel, perhatikan jenis kabel yang digunakan pada saat melakukan pemasangan atau Instalasi kabel pada bangunan. Jangan menggunakan kabel serabut pada Instalasi rumah.Ini dikarenakan kabel jenis ini tidak dapat disambungkan secara pas dan efisien dengan cafa dipuntir.. jika memang bisa nantinya dapat membuat bagian penghantar yang terdapat dalam kebel menjadi rapuh sehingga kabel panas dan menimbulkan percikan api.



Macam-macam sambungan kabel listrik



Tetapi berbeda dengan kabel serabut, kabel tunggal lebih efekif dan lebih efisien jika menggunakan  macam-macam sambungan ini :







1.               Sambungan  ekor babi (PIG TAIL)



Sambungan ini disebut ekor babi karena sambungan kabel yang melintir, sangat mirip dengan ekor dari binatang babi. Sambungan ini merupakan sambungan yang paling sering digunakan dalam instalasi listrik di rumah. Teknik penyambungannya adalah dengan mengupas kabel terlebih dahulu, lalu jepit kabel dan punter atau belitkan kabel menggunakan tang.


Sambungan puntir



            Sambungan puntir adalah sambungan yang memungkinkan kabel untuk dapat ditarik. Atau bisa dibilang sambungan puntir adalah melilitkan kedua kabel sambungan secara lurus dan saling mengikat. Dalam sambungan puntir terdapat beberapa cara penyambungan.



a. Sambungan Bell Hangers



            Sambungan ini adalah sambungan kabel yang cukup kuat. Teknik penyambungan Bell Hangers adalah dengan cara mengupas kabel agak panjang, lalu bengkokan kail 1,5cm hingga menyerupai huruf L kemudian kaitkan kedua kawat dan puntirkan kawat kea rah berlawanan. 

b. Sambungan Western Union
             
            Sambungan ini hampir sama dengan sambungan bell hangers, teknik ini mengupas kabel, menjepit kabel, dan memuntir kabel yang belum terpuntir dengan cara menjepit kabel yang telah diiikat, yang terakhir adalah puntir kabel kembali searah jarum jam.

     Sambungan bolak balik
             
            Teknik penyambungan kabel ini yaitu dengan cara mengupas kabel, dengan kabel pertama yang dikupas dengan panjang kupasan 3cm, dan kabel kedua dengan panjang kupasan 5 sampai dengan 7cm. kemudian letakkan dua buah kabel tersebut untuk disambungkan, tekuk bagian kabel yang panjang menjadi sejajar dengan kabel yang pendek lalu puntirkan searah jarum jam. Yang terakhir bengkokan kabel yang lebih panjang 180 derajat dan puntirkan kembali kabel yang terisi dan bengkokan kembali.


Sambungan percabangan

            
           Sambungan ini merupakan teknik menyambung lebih dari 2 kabel, misalnya 3 atau 4 kabel, dengan 1 kabel utama. Pada sambungan percabangan dikenal beberapa teknik penyambungan yaitu: Sambungan datar single plan joint, Sambungan knotted tab joint, Sambungan datar percabangan ganda satu nadi, Sambungan single wrapped cable slice, dan Bulatan mata itik.

            
          Itulah beberapa sambungan kabel yang sering dijumpai dalam instalasi listrik umum, setidaknya anda telah mengetahui tentang jenis-jenis sambungan kabel, dan sedikit mengetahui tentang ilmu instalasi, bagi anda yang bukan petugas instalasi atau yang sering memasang instalasi kami tidak menyarankan anda melakukan instalasi atas artikel ini. Karena artikel ini hanya memberikan pengetahuan dasar saja. Semoga artikel ini menambah pengetahuan anda di bidang instalasi listrik. Sampai jumpa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ngerinya Kursi Listrik

Hukuman mati adalah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan atau tanpa pengadilan sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuh...